PENGERTIAN DAN CARA KERJA HARDISK  

Jumat, 30 Mei 2008

Hardisk adalah sebuah piranti penyimpanan(storage) yang merekam data secara cepat menjadi pulsa magnetik pada sebuah platter/disk metal yang berputar.
Hardisk dapat di ibaratkan jantung pada sebuah PC, memompa data vital ke seluruh system.Setiap hardisk menyediakan penyimpanan data dimana semua komputer modern membutuhkannya.
Hardisk menyimpan informasi dengan menempatkan sebuah medan magnetik melalui permukaan disk yang berlapis material bermagnet yang bergerak berputar. Prinsip utama sebuah hardisk adalah untuk menyimpan informasi, sangat mirip dengan yang digunakan pada perekam tape atau video.Sebuah hard drive menyimpan data digital sebagai titik mangetik pada permukaan sebuah disk. Sebuah bit (data Anda dikomposisikan sebagai bit) menyatakan nilai 0 saat disk dimagnetisasi pada satu arah, dan bernilai 1 bila arahnya berlawanan.

Setiap hard disk individual dalam sebuah drive dinamakan sebagai platter (pelat/disk metal). Sebuah hard drive berkapasitas besar biasanya berisi beberapa platter berdiameter 3,5 inci dan menggunakan kedua sisinya sebagai media penyimpanan. Drivenya itu sendiri memiliki sebuah motor yang berputar pada kecepatan 4.500 hingga 15.000 rotasi per menit.
Hard drive menggunakan sebuah perangkat perekam yang dinamakan "head" untuk menulis dan membaca data dari setiap permukaan platter. Drive memposisikan sebuah head, bergantun sebuah lengan yang dapat bergerak, dengan jarak mikroskopis di atas permukaan platter pada tiap sisinya. Jadi untuk hard drive yang memiliki lima platter akan memiliki sepuluh buah head yang bergantung pada sepuluh buah lengan motorik.
Elemen lainnya di dalam head membaca data yang direkam dengan merasakan medan magnet pada setiap bit magnetis yang disebutkan saat melewati elemen yang dibaca.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by anlin | 085250207717(improvisasi)